Digital Marketing vs Online Marketing

Beberapa tahun terakhir kita sering mendengar istilah “Digital Marketing” dan “Online Marketing”, banyak orang menganggap keduanya adalah sesuatu hal yang sama, hanya perbedaan istilah saja, padahal keduanya adalah sesuatu yang jelas berbeda. Kita mulai dari Digital Marketing, Secara sederhana, Digital adalah sebuah alat elektronik yang dapat menampilkan gambar visual, sedangkan Marketing itu sendiri berarti pemasaran atau memasarkan. Jadi Digital Marketing itu adalah memasarkan dengan cara memanfaatkan media elektronik yang dapat menampilkan gambar dan atau suara ( Audio Video Visual ).

Digital Marketing = Pemasaran Digital ada 2 yaitu :

Pertama, Non internet ( iklan TV/Radio/Papan, Iklan LED/Broadcast, TV satelit, dll )

Kedua, Internet ( termasuk SEO/website/Iklan Internet, seperti Google Adwords, Facebook Ads, Twitter Ads, LinkedIn Ads, ebook, web hosting, dll )

Nah, Online Marketing disebut juga Pemasaran Internet merupakan bagian dari pada Digital Marketing, pemasaran media sosial, SEO marketing, pemasaran online, pembuatan website, dan afiliasi pemasaran manajemen.

Saat ini, digital marketing semakin memiliki arti penting. Gartner Inc menyebutkan pada 2015, 80 persen keputusan konsumen dipengaruhi oleh bagian dari digital marketing, yakni social media marketing dan online marketing. Terkait Social media marketing dan online marketing, saat ini banyak diminati dan dijadikan salah satu strategi oleh perusahaan dalam memasarkan produk, kalau kita lihat banyak billboard-billboard yang tidak ada iklannya dibeberapa jalan di Jakarta, hal ini dikarenakan sudah mulai beralih penggunaan media massa yang digunakan dalam mengiklankan sebuah produk, hal ini tentunya disesuaikan dengan  sikap, perilaku, demografis, psikologis, psikografis target market dan pola media yang cocok dengan kondisi saat ini.

Selain hal tersebut, digital marketing, yakni social media marketing dan online marketing lebih dipilih oleh perusahaan dikarenakan:

Pertama, Biaya lebih murah

Kedua, Target Market bisa diatur sesuai keinginan

Ketiga, Jangkauan luas, tentunya ini terkait demografis

Keempat, Hasilnya lebih cepat terukur, salah satunya dengan menggunakan google analytics.

Kelima, Bisa diakses 24 jam, 7 hari dalam seminggu, misalnya website, orang bisa kapan saja membuka website sebuah produk.

Keenam, Bersifat interaktif, ini terkait dengan media sosial

Dikarenakan sangat penting mengetahui strategi digital marketing, Next, pada artikel berikutnya saya akan membahas lebih spesifik tentang Search Engine Optimization (SEO) dan Search Engine Marketing (SEM), Google analytics serta  analisa  pengaruh SEO dan SEM terkait penjualan sebuah produk.


Diterbitkan

dalam

,

oleh

Tags:

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *